Minggu, 22 November 2009

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data adalah teknik dan cara mengumpulkan data untuk mendukung penelitian. Ada beberapa cara untuk mendapatkan data dalam suatu penelitian, diantaranya :
1. Metode Referensi
Referensi atau penggunaan dokumen adalah metode yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku yang dimiliki peneliti yang dapat mendukung penelitian.

2. Metode Observasi
Observasi atau pengamatan adalah pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengamati secara langsung objek yang diteliti.

3. Metode Angket
Angket adalah kumpulan dari pertanyaan yang diajukan secara tertulis kepada seseorang (yang dalam hal ini disebut responden), dan cara menjawab juga dilakukan dengan tertulis. Menurut cara memberikan respon, angket dibedakan menjadi dua jenis yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka adalah angket disajikan dalam bentuk sedemikan rupa sehingga responden dapat memberikan isian berupa dengan kehendak dan keadaan. Sedangkan angket tertutup adalah angket yang disajikan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga responden tinggal memberikan tanda centang ( ) pada kolom atau tempat yang sesuai.

4. Metode Kepustakaan
Metode Kepustakaan adalah metode yang dilakukan dengan cara mencari bahan-bahan penelitian di perpustakaan umum ataupun pribadi.

5. Metode Interview
Interview adalah wawancara yang dilakukan kepada sumber yang dapat membantu penelitian. Interview hampir sama dengan angket, hanya saja jika interview pertanyaan yang telah dibuat ditanyakan langsung.

Tidak ada komentar: